SERVIS LAS INVERTER MEREK MOLLAR API TIDAK KELUAR

Halo pembaca setia blog madunelektro yang terhormat
mungkin anda sebagai seorang teknisi atau lebih tepatnya seorang bengkel elektro yang ingin menjadi seorang multi teknik yang ingin semua garapan atau apapun yang orang antarkan ke bengkel anda harusnya tidak kembali dengan tangan kosong atau barang yang di serviskan ke anda tidak jadi waktu di ambil karena anda tidak menguasai di bidang lain.


Ditulisan saya kali ini akan membahas sedikit servisan yang saya tangani yaitu LAS INVERTER bukan lagi tentang tv,Las inverter ini juga bagian dari rangkaian elektronik yang apabila rusak harusnya seorang bengkel tv juga harus bisa memperbaikinya.karena dengan demikian peluang penghasilan anda tidak hanya satu dari servisan tv saja,seperti yang saya alami hingga saat saya menulis artikel ini saat selelesai memperbaiki LAS INVERTER MEREK MOLLAR.


Las ini diantarkan seorang bengkel motor sebelah karena rusak kadang api bisa keluar kadang juga tidak keluar,padahal saat api tidak keluar lampu OC tidak menyala,ini yang membuat saya sedikit kebingungan hingga beberapa hari,mungkin sampai hampir sebulan mesin las ini saya  biarkan di rumah,karena sulitnya menurut saya servis dengan kerusakan seperti ini.

 Ciri ciri kerusakan sebagai berikut :

saat mesin las dinyalakan terus di pakai untuk mengelas bisa normal.bahkan kelihatan seperti tidak ada apa-apa.setelah selesai mengelas tentu las dimatikan,selang beberapa menit kemudian las dinyalakan output tidak mengeluarkan,dan itu berkali kali.

saya coba cek semua bagian dari finan sampai driver tidak ada yang rudak menurut saya,karena kerusakan seperti ini biasanya komponen yang melemah.hinggan bebrapa minggu kemudian saat hati saya lega karena ulah mesin ini langsung saya putuskan untuk mengganti blok drivernya,biasa disebut rangkain driver PWM seperti gambar di bawah ini :



Satu blog rangkaian ini langsung saya ganti dengan yang barus dan saya coba hingga berkali kali hasilnya bagus dan tidak ada masalah.

sebelumya saya berfikiran akan saya usahakan untuk mencari yang rusak dengan mengetes satu persatu komponen yang ada di rangkaina sebelah ini,karena sudah tidak membuahkan hasil makan langsung saya ganti dnegan yang baru.

mungkin dari rekan rekan semua yang pernah mengalami msalah seperti saya ini ada baiknya jika langsung diganti dengan yang baru saja,karena dari pengalaman saya mencari yang rusak tidak menemukan satupun komponen yang rusak

sebagai informasi saja apabila dari rekan rekan ada yang membutuhkan rangkaian driver pwm seperti di samping anda bisa menghubungi saya,.saya bersedia mengirimkan ketempat anda dengan harga sekarang Rp125000.

silahkan anda bisa sms saya langsung untuk memesan,jangan lupa lihat dengan teliti nomor seri ic pwm tersebut,karena setiap merek ada juga yang berbeda,walaupun banyak yang sama,silahkan sms/wa/telpon disini :085641153790

setelah berhasil dan las menegeluarkan api saya cek dengan multi tester seperti gambar ini :